Sing Duwe Blog

SadatGo!BLOG. Versi 2014. Pindah haluan ke blogspot. Setelah di wordpress kena suspend :D. Saya adalah seorang Suami, Ayah 1 anak, Pekerja instansi Pemerintah, Pengendara Supra Fit New, Suka Sosmed, ..... *dan tentu masih akan ada lanjutannya*
SadatGo!BLOG. Mukim di Purworejo, Jawa Tengah. Hobi berpetualang di Internet, sehingga jejakpun kutinggalkan di blogspot. Tidak hanya itu, jejakkupun ada di facebook, flickr, formspring, friendster, koprol, mim, plurk, tumblr, twitter dan wordpress.

Senin, 16 November 2009

Alay ^_^


Alay ? Tadinya saya ga tau sama sekali apa itu alay? Tanya kesana kemari ada yang bilang alay singkatan dari : ABG Lebay, Anak Lebay. Lebay sendiri itu diartikan sebagai "berlebihan/melebih-lebihkan". Jadi apa sebenernya alay itu? Alay lebih bisa dilihat dalam bentuk tulisan. Tulisan-tulisan dari para alay sering bikin sakit mata, susah ngebaca, dan semisalnya lah.
Istilah itu sendiri awalnya darimana? Siapa yang pertama kali mencetuskan? tak taulah awak.
Berikut ciri-ciri alay yang terbiasa kita temukan baik di facebook, internet ataupun sms.

1. Biasanya menggunakan singkatan-singkatan yang gak lazim digunakan yang terkadang mengakibatkan kerancuan makna bagi si pembaca.Banyak ditulisakn di sms. Contohnya : Sorry ditulis sry, iya ditulis y, nya ditulis x.

2. Mentranslate bahasa indonesia ke bahasa asing tapi tulisannya kacau dan menuliskan kata-kata dalam bahasa indoneisa tapi gak jelas tulisannya.
contohnya : rumah = home ditulis humz. banget ditulis beud (koq bisa gini darimana ya?)

4. Melebih-lebihkan tulisan. Contohnya :
Kamu : kamuh, kammo, kamoh, kamuwh, kamyu, qamu
aku : akyu,aq,q,akko,akkoh,aquwh,quh

5. Tulisan di sms atau status facebook pake kombinasi huruf besar kecil yang memedihkan mata.
contohnya :Bnyk OrG sUka ma aQyuh, aQ beZok di HUmz aZa

6. Selain kombinasi huruf besar kecil yang tidak enak dilihat, alayer juga mensubstitusi alfabet dengan nomer-nomer dan kode-kode lain.
contohnya : 6a 3nak kh4n b@c4 tuL!5an be9in1? 9 aj g suk4. (hayoo gimana tuh bacanya).

Ada ciri yang lain?

Populernya istilah 'alay' tersebut malah memunculkan ide untuk membuat aplikasi online yaitu alay generator. Aplikasi yang bisa dikunjunggi di http://alaygenerator.co.cc ini digunakan untuk membuat kalimat-kalimat alay berdasarkan :
  • HuRuf bEsAr keCiL
  • p4k3 An9k4 Don9
  • Disingkt-singkt biar pendk
Uffhh..apakah anda termasuk yang sebel dengan tulisan-tulisan alay? Atu jangan-jangan anda termasuk alay? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isikan komentar. Terima kasih