Sing Duwe Blog

SadatGo!BLOG. Versi 2014. Pindah haluan ke blogspot. Setelah di wordpress kena suspend :D. Saya adalah seorang Suami, Ayah 1 anak, Pekerja instansi Pemerintah, Pengendara Supra Fit New, Suka Sosmed, ..... *dan tentu masih akan ada lanjutannya*
SadatGo!BLOG. Mukim di Purworejo, Jawa Tengah. Hobi berpetualang di Internet, sehingga jejakpun kutinggalkan di blogspot. Tidak hanya itu, jejakkupun ada di facebook, flickr, formspring, friendster, koprol, mim, plurk, tumblr, twitter dan wordpress.

Jumat, 11 September 2009

Buka Puasa Bersama [Para Pencari Takjil] ^_^

Mengikuti Ifthor jama'i atau buka puasa bersama, akan menambah suasana Ramadhan lebih terasa. Seperti disini, di Yogyakarta. Banyak masjid-masjid yang mengadakan buka puasa gratis setiap harinya. Adapaun menu-menu yang disajikan sebagian besar hasil dari amal warga sekitar yang dikumpulkan oleh panitia Ramadhan setempat. Alhamdulillah, satu hal yang menggembirakan. Semangat umat Muslim untuk bersedekah di bulan Ramadhan, terlebih dengan memberi makan orang yang berbuka puasa begitu besar. Hal ini memang dianjurkan, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam : "“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi dan dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan Tirmidzi)

*Kembali ke cerita pengalaman saya di Yogyakarta. Bagi kalangan mahasiswa atau kalangan anak kost, tentu ini suatu hal yang menguntungkan. Mengikuti buka puasa bersama, dapat menekan pengeluaran konsumsi di bulan Ramadhan. Banyaknya tempat untuk buka bersama, mmemudahkan tuk memilih tempat yang mana yang eak tuk berbuka. Biasanya, kami survey menu takjil dengan tanya ke teman-teman yang lain :) Heheheh..berikut diantara menu takjil yang berhasil saya ambil gambarnya :)
Menu-Buka-Bersama-Jogja-2 Menu-Buka-Bersama-Jogja-1 Menu-Buka-Bersama-Jogja-3 Menu-Buka-Bersama-Jogja-4


Ada istilah di kalangan temen-temen jika nanya 'mau buka dimana ntar?'. kami sering menggant dengan 'PPT dimana ntar?'. Tau kan apa itu PPT? Untuk sekarang ini pasti pemirsa TV kebanyakan tau akan sinetron PPT yang tayang pada waktu santap sahur dan diulangi lagi setelah waktu buka. Tapi bukan PPT yang ini, melainkan singkatan dari "Para Pencari Takjil" :). Berikut gambar Para Pencari Takjil di salah satu masjid di Yogyakarta :

buka-bersama-1 buka-bersama-2

Alhamdulillah, suatu nikmat jika saya bisa ikut berbuka puasa bersama. Semoga Allah menerima amal kebaikan mereka. "Allahumma ath'im man ath'amanii waqi man saqoonii"[Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku] (HR. Muslim no.2055)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isikan komentar. Terima kasih