Sing Duwe Blog

SadatGo!BLOG. Versi 2014. Pindah haluan ke blogspot. Setelah di wordpress kena suspend :D. Saya adalah seorang Suami, Ayah 1 anak, Pekerja instansi Pemerintah, Pengendara Supra Fit New, Suka Sosmed, ..... *dan tentu masih akan ada lanjutannya*
SadatGo!BLOG. Mukim di Purworejo, Jawa Tengah. Hobi berpetualang di Internet, sehingga jejakpun kutinggalkan di blogspot. Tidak hanya itu, jejakkupun ada di facebook, flickr, formspring, friendster, koprol, mim, plurk, tumblr, twitter dan wordpress.

Sabtu, 10 November 2007

Kenapa Harus PNS??

Hmm..saya copy dari Padepokan Budi Raharjo
rahard.wordpress.com

Saya lihat bahwa tulisan yang banyak dikunjungi di wordpress ini adalah tulisan yang terkait dengan lowongan pekerjaan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sedih juga melihat hal ini. Ini menunjukkan bahwa keinginan untuk menjadi PNS itu sangat besar.

Mengapa sedih? Apakah menjadi PNS itu salah? Tentu saja tidak, jika tujuannya benar. Sebagian besar (asumsi saya tentunya) orang ingin menjadi PNS adalah agar mendapat gaji tetap. Ada jaminan. Itu saja. Itu kalau mau jujur lho. Saya belum pernah mendengar orang menjadi PNS karena ingin mengabdi (kepada siapa ya? kepada negara?).

Pernah suatu ketika saya diskusi dengan mantan mahasiswa saya. Dia ingin bekerja di perusahaan yang baru berdiri, start-up company, tetapi tidak diijinkan oleh orang tuanya. Belum lagi ketika dia mau melamar, calon mertuanya tidak mengijinkan hanya karena “masa depannya tidak jelas”. Lantas dia melamar di perusahaan BUMN. Barulah orang tuannya dan mertuanya setuju.

Sayang sekali. Orang bekerja hanya ingin untuk digaji buta dan menjadi beban! Seharusnya lebih banyak orang yang memikirkan untuk membuka lapangan pekerjaan atau menjadi profesional di bidang pekerjaan, bukan sekedar menjadi pegawai yang duduk ongkang-ongkang dan digaji (besar pula). Nah, kalau digaji kecil … kemudian bingung mencari tambahan, dan akhirnya terjerumus kepada korupsi. Sudah tahu dari awal, bahwa meskipun gaji ada terus, jumlahnya tidak banyak.

Ah, kemana negeri ini menuju? (Ataukah pola pikir saya yang salah?)

Maaf bagi yang merasa tersinggung dengan tulisan ini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isikan komentar. Terima kasih