Sing Duwe Blog

SadatGo!BLOG. Versi 2014. Pindah haluan ke blogspot. Setelah di wordpress kena suspend :D. Saya adalah seorang Suami, Ayah 1 anak, Pekerja instansi Pemerintah, Pengendara Supra Fit New, Suka Sosmed, ..... *dan tentu masih akan ada lanjutannya*
SadatGo!BLOG. Mukim di Purworejo, Jawa Tengah. Hobi berpetualang di Internet, sehingga jejakpun kutinggalkan di blogspot. Tidak hanya itu, jejakkupun ada di facebook, flickr, formspring, friendster, koprol, mim, plurk, tumblr, twitter dan wordpress.

Rabu, 02 September 2009

Gempa Bumi Tasikmalaya

Hari ini, warga di Pulau Jawa terutama di Jawa bagian Selatan dikejutkan oleh kejadian Gempa Bumi besar berskala 7.3 SR. gempa terjadi menjelang Ashar pada pukul 14.55 WIB. Gempa yang berpusat di pantai selatan Tasikmalaya tersebut, diinformasikan oleh BMG berpotensi terjadi tsunami. Tentu masih teringat jelas kejadian hampir 5 tahun yang lalu. Tsunami yang memporak-porandakan propinsi Nangroe Aceh Darussalam. Tsunami yang memakan korban rausan ribu warga Aceh. Setelah kejadian tersebut, tanda peringatan dini terjadi tsunami selalu diinformasikan. Termasuk pada gempa yang tadi terjadi.

Informasi adanya gempa bumi langsung cepat menyebar. Orang-orang menyiarkan gempa di status Facebook, twitter, plurk, yahoo messenger dan media jejaring sosial lainnya. Tasikmalaya pun jadi mendunia sesaat setelah terjadinya gempa.

Saya dimana waktu gempa tersebut terjadi ?
Posisi saya saat itu sedang di Purworejo. Yang letak geografisnya ada di Jalur Pantai Selatan Jawa Tengah. Jam 14.55 saya lagi asyik di depan komputer. Tiba-tiba merasa goyang-goyang, liat lampu diatas yang menggantung bergerak. Saya cuma diam duduk ditempat awalnya. Ternyata gempa gak brenti-brenti. Sayapun beranjak keluar rumah, disusul kakak saya :)

Tak lama kemudian ada sirine di TV berbunyi yang menandakan beberapa saat yang lalu gempa besar terjadi yang berpusat di selatan Tasikmalaya dan berpotensi terjadi tsunami.

Kenapa ya, koq akhir-akhir ini sering terjadi gempa? Seingat saya, dulu sewaktu saya masih anak-anak jarang terjadi hal demikian. Jadi teringat ketika dulu sewaktu kecil. Ketika di masjid ada yang melantunkan "puji-pujian" : Jaman wis akhir..jaman wis akhir bumine goyang.. (Sudah jaman akhir, maka bumipun bergoncang). Akankah berbagai kejadian gempa yang terus melanda ini pertanda semakin dekat datangnya hari Akhir ?

Dengan kejadian tersebut, sudah selayakanya kita sebagai seorang muslim menjadikan kejadian ini sebagai renungan. Betapa besar kuasa Allah. Betapa nikmatnya jika kondisi dunia ini aman, tanpa goncangan. Sedangkan saat bumi kita digoncang semenit saja, kiat sudah kebingungan, banyak bangunan yang hancur, dan bahkan menyebabkan kematian. danya korban yang meninggl dunia, menandakan betapa dekatnya kita dengan kematian. Kematian yang datang bisa kapan saja. Tidak pernah kita duga. Semoga kita bisa instospeksi diri, dalam melihat berbagai kejadian yang ada.


Sebuah mesjid yang mengalami kerusakan di desa Cisaat, Jawa Barat.
Gambar saya ambil dari http://news.id.msn.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isikan komentar. Terima kasih