Sing Duwe Blog

SadatGo!BLOG. Versi 2014. Pindah haluan ke blogspot. Setelah di wordpress kena suspend :D. Saya adalah seorang Suami, Ayah 1 anak, Pekerja instansi Pemerintah, Pengendara Supra Fit New, Suka Sosmed, ..... *dan tentu masih akan ada lanjutannya*
SadatGo!BLOG. Mukim di Purworejo, Jawa Tengah. Hobi berpetualang di Internet, sehingga jejakpun kutinggalkan di blogspot. Tidak hanya itu, jejakkupun ada di facebook, flickr, formspring, friendster, koprol, mim, plurk, tumblr, twitter dan wordpress.

Sabtu, 30 Mei 2009

Gunung Api Raksasa

Kemaren pagi, sewaktu melihat berita pagi di salah satu stasiun TV saya melihat tulisan cepat di bagian bawah layar TV yang memberitakan "Penemuan Gunung Api Raksasa di bawah laut Sumatera". Subhanallah...
Belum jelas di sumatra bagian mana. Browsing-browsing di botd wordpress dan ada beberapa postingan mengenai hal tersebut.

Seperti yang diberitakan kompas dan antara, gunung api bawah laut tersebut terletak di perairan barat bengkulu. Berikut petikan beritanya :

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim yang terdiri dari gabungan para pakar geologi Indonesia, AS, dan Perancis berhasil menemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dan berada 330 km arah barat Kota Bengkulu.

Para ahli geologi ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris.

“Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia, tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua,” kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT Yusuf Surachman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/5).

Gunung api bawah laut berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, 330 km dari Bengkulu, di kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api, para pakar mengaku belum mengetahui tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini. .... dst

Terdengar mengerikan apalagi jika di bumbui kemungkinan meletus. Namun ini masih terus dilakukan penelitian mendalam. Untuk sementara ini bisa dikatakan sebagai seamount yaitu penampakan gunung-gunung dilautan. Malah menurut wiki, diperkirakan ada 30 ribu fenomena di bumi ini. Namun sedikit yang diketahui. Jadi jangan heran kalau hal ini baru ditemukan (rovicky.wordpress.com) :)

1 komentar:

Silakan isikan komentar. Terima kasih