Sing Duwe Blog

SadatGo!BLOG. Versi 2014. Pindah haluan ke blogspot. Setelah di wordpress kena suspend :D. Saya adalah seorang Suami, Ayah 1 anak, Pekerja instansi Pemerintah, Pengendara Supra Fit New, Suka Sosmed, ..... *dan tentu masih akan ada lanjutannya*
SadatGo!BLOG. Mukim di Purworejo, Jawa Tengah. Hobi berpetualang di Internet, sehingga jejakpun kutinggalkan di blogspot. Tidak hanya itu, jejakkupun ada di facebook, flickr, formspring, friendster, koprol, mim, plurk, tumblr, twitter dan wordpress.

Sabtu, 12 April 2008

Ngrawat Laptop

Sudah sekitar 3 tahun terakhir ini, sering kita lihat, khususnya di jogja berbagai tempat yang menyediaka fasilitas hotspot. Termasuk juga di kampus-kampus. Hal ini tentu juga diikuti dengan menjamurnya berbagai model notebook. Kalau dilihat, memang notebook itu sendiri sudah menjadi bagian dalam lalu lintas kehidupan kita. Itu membuat notebook bukan menjadi barang yang dianggap untuk kalangan tertentu saja (kalau dulu mungkin karena harganya mahal), kalau dulu kita perlu menyiapkan modal paling sedikit itu sekitar 9-10 juta untuk bisa dapat notebook, tapi sekarang dengan merogoh kocek sekitar 4-5 juta saja kita sudah bisa dapat dengan fasilitas yang lebih bagus.

Berikut ini Beberapa Tips Tentang Merawat Notebook

1.Selalu gunakan screen protector untuk layar LCD notebook anda. Ini merupakan salah satu syarat wajib kalau anda mau layar notebook anda tetap mulus. Kegunaan screen protector ini selain melindungi layar notebook anda dari “kecelakaan” misalkan secara tidak sengaja tergores sesuatu, juga bisa melindungi layar notebook anda dari benturan keyboard notebook ketika anda menutup notebook anda ( kebanyakan ada rancangan notebook yang keyboardnya agak muncul, biasanya model lama).

2.Biasakan dua minggu sekali untuk membersihkan keyboard notebook anda dengan menggunakan kuas halus yang agak tebal atau menggunakan mini vaccum cleaner. Ada beberapa macam notebook yang keyboardnya dilengkapi dengan fasilitas tahan air dan debu, namun bukan berarti itu tidak memerlukan perawatan bukan?

3.Menggunakan baterai notebook dengan bijak. maksud saya disini bila notebook anda tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama maka sebaiknya baterai notebooknya dilepas dulu. Jangan sekali-kali men-charge baterai notebook anda dalam jangka waktu yang lama karena bisa mengakibatkan kebocoran pada baterai.
Khusus untuk anda yang memiliki notebook baru : ketika menggunakan notebook anda untuk pertama kalinya, gunakan cara 2x isi full. Maksudnya baterai di-charge dulu hingga full (notebook dalam keadaan mati), setelah full lalu gunakan notebook dengan baterai tapi tanpa tersambung ke listrik, gunakan hingga baterai sekitar 15%-20% lalu dicharge lagi dalam keadaan mati sampai full, setelah itu baru digunakan secara normal. Ini dapat membuat baterai anda menjadi awet.

4.Pasangkan cover protector untuk melindungi cover notebook anda, ini berguna agar notebook anda tetap indah dipandang mata.

5.Untuk melindungi CD-ROM notebook anda, bila anda mau memburning / membakar CD, usahakan maksimal 3 keping CD / DVD saja secara terus-menerus. Bila lebih dari itu coba istirahatkan CD-ROM anda selama ½ sampai 1 jam dulu baru lanjutkan lagi aktifitas me memburning / membakar CD anda.

1 komentar:

  1. Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Wireless, I hope you enjoy. The address is http://wireless-brasil.blogspot.com. A hug.

    BalasHapus

Silakan isikan komentar. Terima kasih