Sing Duwe Blog

SadatGo!BLOG. Versi 2014. Pindah haluan ke blogspot. Setelah di wordpress kena suspend :D. Saya adalah seorang Suami, Ayah 1 anak, Pekerja instansi Pemerintah, Pengendara Supra Fit New, Suka Sosmed, ..... *dan tentu masih akan ada lanjutannya*
SadatGo!BLOG. Mukim di Purworejo, Jawa Tengah. Hobi berpetualang di Internet, sehingga jejakpun kutinggalkan di blogspot. Tidak hanya itu, jejakkupun ada di facebook, flickr, formspring, friendster, koprol, mim, plurk, tumblr, twitter dan wordpress.

Selasa, 15 Mei 2007

Securiti 1

Beberapa Istilah Seputar Keamanan Data

Autentikasi (authentication) adalah penggunaan kata sandi (password), sertifikat, nomor identifikasi pribadi (NIP) atau informasi lain untuk memeriksa keabsahan identitas melalui jaringan komputer.
Enkripsi (encryption) adalah metode menyembunyikan pesan sebenarnya dengan cara mengacak pesan yang dikirim sehingga tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berhak. Pesan hanya dapat dibaca oleh orang yang berhak dengan menggunakan kunci dan metode yang telah disepakati bersama.
Dekripsi (decryption) adalah proses penyusunan kembali data yang telah dienkripsi.Kriptografi (cryptography) adalah seni dan penerapan pengacakan (encrypting) dan penataan kembali (decrypting) informasi.
Sertifikat (certificate) identik dengan kartu identitas (KTP). Sertifikat menerangkan nama, alamat, perusahaan, tanggal lahir, atau keterangan lain.
Tanda tangan digital (digital signature) adalah metode pemberian tanda tangan pada surat elektronik untuk memastikan bahwa surat yang dikirim dari pengirim diterima oleh penerima secara utuh tanpa perubahan sedikitpun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isikan komentar. Terima kasih