Sing Duwe Blog

SadatGo!BLOG. Versi 2014. Pindah haluan ke blogspot. Setelah di wordpress kena suspend :D. Saya adalah seorang Suami, Ayah 1 anak, Pekerja instansi Pemerintah, Pengendara Supra Fit New, Suka Sosmed, ..... *dan tentu masih akan ada lanjutannya*
SadatGo!BLOG. Mukim di Purworejo, Jawa Tengah. Hobi berpetualang di Internet, sehingga jejakpun kutinggalkan di blogspot. Tidak hanya itu, jejakkupun ada di facebook, flickr, formspring, friendster, koprol, mim, plurk, tumblr, twitter dan wordpress.

Rabu, 16 Desember 2009

Gaudeamus

...... Vivat academia!
Vivant professores!
Vivat membrum quod libet
Vivant membra quae libet
Semper sint in flore.........


Pernah dengar lirik seperti diatas? Lirik itu sering "dikumandangkan" saat upacara kelulusan di berbagai universitas negara-negara eropa. Penggalan lirik tersebut merupakan bagian dari judul Gaudeamus igitur ("Karenanya marilah kita bergembira"). Bahkan dinegara eropa lain semisal, Italia, Jerman lagu ini juga sering dinyanyikan sebelum acara minum (bir) bersama untuk merayakan kelulusan dan sebagai awal untuk bersenang-senang. Seperti lirik pada bait awal :

Gaudeamus igitur = Mari kita bersenang-senang
Juvenes dum sumus = Selagi masih muda.
Post jucundam juventutem = Setelah masa muda yang penuh keceriaan
Post molestam senectutem = Setelah masa tua yang penuh kesukaran
Nos habebit humus = Tanah akan menguasai kita.



Karena kebiasaan inilah yang akhirnya terbawa-bawa dalam acara-acara resmi publik dan acara privat lainnya. yang membuat lagu ini dikenal sebagai lagu pesta.

Indonesiapun Menirunya
Berbagai perguruan tinggi di Indonesia pun menggunakan lagu ini sebagai pengiring saat upacara wisuda, atau saat para senat memasuki ruang wisuda. Entah karena apa. Apa karena mengenai sejarah historis dari lagu ini, atau hanya sekedar menirunya agar terlihat kebaratan (gawat kalo begini).

Saya baru "ngeh" jika itu lagu berjudul guadeamus, ketika saya mengikuti wisuda saya yang kedua. Kenapa koq dalam 2 wisuda selalu ada lagu seperti itu (selain lagi Indonesia Raya). Dan, beberapa hari yang lalu ketika mengikuti prosesi wisuda kampus BSI Jogja, juga terdengar lirik tersebut. (doh).

sumber baca :
http://id.wikipedia.org/wiki/Gaudeamus_igitur

Gambar : Wisuda BSI, tgl 14 Des 09, di Graha Sarina Vidi Yogyakarta
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isikan komentar. Terima kasih